嗡。古魯。蓮生。悉地。吽 - Om Guru Lian Sheng Siddhi Hum

嗡。古魯。蓮生。悉地。吽 - Om Guru Lian Sheng Siddhi Hum

Friday, November 21, 2014

Trikaya

TRIKAYA
 
 
 
Dharmakaya merupakan intisari dari alam semesta yang mencakup samsara dan nirvana, dan yang selalu berada dalam dua kutub kesadaran dan pengetahuan murni. Dharmakaya dimengerti juga sebagai hakekat wujud duniawi dari Buddha dan sebagai tubuh hakiki dari kesadaran dasar yang merupakan inti kenyataan.

Dharmakaya juga disebut-sebut sebagai suatu asas rohani yang meliputi segala sesuatu, asal dan sumber dari semua Buddha, dan sebagai tempat larutnya segala sesuatu. Dharmakaya juga merupakan esensi dari semua Buddha, atau sumber Dharma, sumber kesunyataan. Dharmakaya yang berada dimana-mana dan dapat menciptakan dirinya sendiri dalam segala bentuk, dipandang juga sebagai Yang Mutlak.

Sambhogakaya merupakan tubuh rahmat, tubuh sinar, cahaya dan kekuatan keBuddhaan. Sambhogakaya dianggap juga sebagai manifestasi dari Yang Mutlak, atau kenyataan yang lebih tinggi dari sesuatu yang bersifat fisik. Sambhogakaya berwujud sebagai kekuatan atau cahaya yang hanya dapat dirasakan secara rohani. Dan hal ini diusahakan dan diupayakan oleh para calon Buddha seperti tercermin dalam perwujudan Prajna dan Karuna oleh para Bodhisattva.

Sambhogakaya termanifestasi dalam Nirmanakaya. Bila mana batin pencerahan telah terbuka untuk sinar yang kekal dari Buddha, cahaya Buddha, kebenaran yang abadi, maka tak diperlukan ekspresi-ekspresi ketubuhannya yang bersifat fisik.

Nirmanakaya merupakan tubuh perwujudan yang lebih nyata dan konkrit dari Sambhogakaya sebagaimana tercermin dalam tubuh Sakyamuni Buddha. Yang absolut termanifestasi melalui tubuh Sakyamuni Buddha dan menyatakan diri di dunia dalam wujud tubuh manusia untuk mengajar manusia.

Sebagaimana halnya dengan manusia. Nirmanakaya juga mengalami perubahan, tetapi memiliki karakter dan kemampuan supranatural. Dengan tubuh fisiknya Sakyamuni Buddha membabarkan Dharmanya  sebagai penunjuk jalan kebebasan tanpa kekuasaan untuk mempersingkat jalan yang ditempuh seseorang.


∞∞∞


No comments:

Post a Comment