嗡。古魯。蓮生。悉地。吽 - Om Guru Lian Sheng Siddhi Hum

嗡。古魯。蓮生。悉地。吽 - Om Guru Lian Sheng Siddhi Hum

Friday, November 21, 2014

Tahapan Pembinaan Diri Dalam Tantrayana

MENGENAL TAHAP-TAHAP PEMBINAAN DIRI DALAM AJARAN BUDDHA TANTRA.


Tahap pertama dalam mempelajari buddhisme adalah mengerti tentang sutra-sutra klasik. dengan membaca sutra kita mengerti doktrin-doktrin dasar yang diajarkan sang buddha (masuk ke “menjapa mantra”). doktrin-doktrin dasar tersebut adalah :
  1. Penderitaan = menyadari adanya penderitaan/kesulitan di dalam dunia ini. (1) Kesulitan melatih diri dengan sempurna. (2) Kesulitan mencari penghasilan. (3) Kesulitan berhubungan dengan orang lain
  2. Kosong = Anda harus menyadari semua fenomena di dunia ini kosong belaka,kekayaan, nama, napsu semua mengarah kepada penderitaan. Mau lepas dari penderitaan harus melepaskan juga hal-hal kosong yang tersebut diatas.
  3. Tidak abadi/perubahan = Sang buddha mengajarkan lihatlah semua keadaan di dunia ini semua pasti berubah, tidak ada yang abadi. Dari lahir lalu mati, ada menjadi tiada begitu juga sebaliknya. jadi inti dari doktrin dalam agama buddha adalah mengenai penderitaan, kekosongan dan ketidak abadian.
Tahap kedua terbangkitnya keinginan untuk mengatasi kesengsaraan di dunia ini. Untuk itu anda harus menjalankan sembahyang/sadhana. Pembinaan diri.dalam buddha tantrayana
Dimulai dari Sadhana luar :
  • Sadhana Catur Prayoga
  • Sadhana Guruyoga
  • Sadhana Adinatayoga.
Untuk mengatasi kesulitan dunia anda harus memasuki tahap ketiga.

Tahap ketiga yaitu bersumpah untuk melaksanakan disiplin menjalankan sila. ketiga langkah dasar ini adalah sadhana luar untuk membuat seseorang siap memasuki sadhana dalam yaitu meditasi dan pembangkitan api kundalini. Mulai mendapatkan kekuatan /power. Power masih naik turun berarti power masih dari hadiah dari alam dewa untuk mendapatkan kekuatan sejati dari diri sendiri yang sejati dan selalu stabil harus melatih sadhana dalam.

Sadhana dalam adalah :
  • Pernapasan ratnakalasa (botol)
  • Sadhana membangkitkan api kundalini
  • Membuka nadi tengah
Untuk menjadi Buddha dalam kehidupan sekarang maka dilanjutkan dengan Sadhana Rahasia
  • Membuka lima cakra utama
  • Sadhana vajra (5 raja Dharmapala)
  • Annutara yoga tantra Dzogzhen Maha sempurna
Di dunia ini bagi yang serius dan mau melatih diri banyak sekali tapi banyak yang hanya sebatas keinginan belaka, dalam hal melatih diri dibutuhkan tekad yang sangat kuat dan konstan. Lihatlah semangat seorang Arya Milarepa (disarankan baca riwayat hidup Arya Milarepa) Apalagi setelah datang ujian-ujian dalam menjalankan sadhana. Seperti di sekolah ada waktu proses belajar setelah matang akan datang ujian, bila lulus baru naik tingkat selanjutnya. Untuk tahap awal seperti proses belajar membaca, butuh bimbingan seorang guru setelah bisa membaca tetap membutuhkan guru untuk mengetahui fenomena membedakan yang sejati dan palsu. Setelah mempunyai kekuatan sendiri baru bisa berdikari dan tetap dipantau dari jauh oleh guru. Tidak mau melatih diri takut dengan ujian yang datang ? tetap saja kesulitan dalam hidup ini pasti datang tinggal menunggu waktunya tiba. Lebih baik menghadapi kesulitan hidup dengan bimbingan seorang guru daripada sendirian. Yang lemah imannya menghadapi penderitaan akan terpuruk lebih dalam lagi. Mencari seorang guru juga tidak gampang, guru sejati harus yang sudah pernah menghadapi ujian-ujian tersebut . Sudah teruji lulus dari ujian tersebut belajar dari guru yang hanya menghapal dari buku dan belum bisa membaca, bagaimana bisa membimbing anda ? diri sendiri belum bisa ? apalagi hanya punya iri hati dan menjelek-jelekkan guru yang lain. Jika anda mendapatkan yang demikian itu sudah menunjukkan kwalitas anda hanya bisa ditingkat tersebut mau naik harus cari guru yang lebih berkwalitas lagi. Mau belajar, cari tahu dulu konsep ajarannya ! jangan membuang waktu anda yang sangat berharga itu. Takut dengan gaib itu tahyul ? di abad ini memasuki tahun 2000 dunia mulai memasuki alam gaib lihat saja film-film amerika/eropa seperti lord of the ring, harry potter dan film-film kartun/komik jepang. Buddha dan dewa-dewa semua itu gaib. Takut dengan hantu dan setan ! kita hidup ditengah hantu anda sudah tahu tapi tidak mau tahu kelihatan munafik khan? Yang penting menjaga hati kita tidak melakukan perbuatan jahat dapat membuang semua rasa takut. Takut itu timbul karena adanya dosa. Menghilangkan dosa juga menghilangkan rasa takut. Ajaran agama lain hanya tahu mengusir hantu dan setan. Hantu dan setan itu juga seorang mahluk yang mau lepas dari penderitaan setahu saya hanya ajaran

Buddha dan Tao yang membimbing bukan hanya manusia tetapi hantu-hantu juga untuk lepas dari penderitaan. Jika tingkat latihan kita sudah tinggi akan memancarkan aura membuat mahluk disekitar kita datang mau belajar atau minta tolong lepas dari penderitaan. dimulai dari yang berjodoh besar lalu kecil hingga yang tidak berjodoh. Kebanyakan hantu mempunyai kesaktian gaib lebih tahu dari manusia, mana yang sejati !. Manusia terlalu banyak mempertimbangkan untung ruginya. Sehingga kebanyakan ruginya Hanya manusia yang berkwalitas tinggi yang dapat menemukan guru sejatinya.

Dalam ajaran Tantra True Buddha Foundation menggabungkan ajaran Buddha tantra dengan ajaran Tao dari China. Ajaran Tao dibutuhkan untuk menghadapi masalah duniawi, biasanya hasilnya lebih cepat datangnya.

Manusia pada umumnya ingin buru-buru segera mendapatkan hasilnya. Dan ajaran Tao saling mendukung dan melengkapi dengan ajaran Buddha tantra.

Sumber : Padmakumara
∞∞∞

No comments:

Post a Comment