嗡。古魯。蓮生。悉地。吽 - Om Guru Lian Sheng Siddhi Hum

嗡。古魯。蓮生。悉地。吽 - Om Guru Lian Sheng Siddhi Hum

Friday, November 21, 2014

Mahasridevi



 
Mahasridevi disebut juga sebagai Dewi Pahala 『Gongde Tian / 功德天』, selain sebagai Dewi Kemakmuran dan Kemujuran, meskipun menampilkan wujud sebagai Devi, namun sebenarnya Beliau adalah Bodhisattva, hanya saja demi menyelamatkan umat yang berpembawaan berbeda maka Beliau tampil dalam rupa Devi. Bahkan Mahasri Devi telah memperoleh Vyakarana (ramalan ke Buddha an) dari Sang Tathagata , bahwa kelak akan mencapai Anuttara Samyaksamboddhi di dunia yang bernama Keagungan Ratna Manggala 『JIxiang Bap Zhuangyan Shijie / 吉祥寶莊嚴世界』 dengan nama Srimaniratnasambhava Tathagata 『 JIxiang Monibaosheng Rulai / 吉祥摩尼寶生如來』,bila dapat terlahir di Negeri Buddha ini ,akan merealisasikan lahir dari bunga padma (Padmakumara) dan usianya tanpa batas. Bahkan semuanya berkedudukan Bodhisattva.

Nama Maha Sri Devi

Sri Mahadevi 『JIxiang Da Tiannv / 吉祥大天女』,atau Maha Sri Devi 『Dajixiang Tianv / 大吉祥天女』,ada juga yang menyebut sebagai Gunadevi / Devi Pahala 『Gongde tian / 功德天』,juga disebut sebagai Devi kebajikan / Sudevi 『Shannvtian / 善女天』,sedangkan dalam Sutra Pengukuran Pembuatan Rupang 《造像量度經序》ada sebutan sebagai Devi Berkah 『Funv Tian / 福女天』

Tempat Kediaman Mahasri Devi

Sutra Suvarnaprabhasa 《金光明最勝王經》

『世尊。北方“薜室羅末拏天王(毗沙門天王)”城名“有財”。去城不遠有園名曰“妙華福光”。中有勝殿。七 寶所成。世尊。我常住彼。』

Maha Sri Devi mengatakan kepada Sakyamuni Baghavan:

“Baghavan, di sebelah Utara , Raja Langit Vaisravana berada di kota Berkekayaan. Tak jauh dari kota itu ada taman bernama Cahaya Berkah Bunga Indah, dan disitu ada sebuah istana nan unggul, terbuat dari tujuh ratna, Baghavan , Aku berdiam disana.”

Sutra Kumpulan Dharani – Sadhana Gunadevi
《陀羅尼集經.功德天法》

『北方毘沙門王。有城名曰阿尼曼陀。其城有園。名功德華光。於是園中有最勝園。名曰金幢。七寶極妙。此即是 我常止住處。』

“Vaisravanadevaraja, ada kota bernama Animantuo, di kota itu ada taman bernama Cahaya Bunga Pahala, di taman itu ada taman paling unggul, bernama Panji Emas, terbuat dari tujuh ratna sungguh indah, itulah tempat tinggal Ku.”

Tingkatan Bodhisattva Mahasridevi

Tripitaka bag 21 . Bab 3 Kumpulan Dharani
《大藏經21冊.陀羅尼雜集卷第三》

Mempunyai pahala kebajikan Bodhisattva , demi menyelamatkan insan maka muncul dalam wujud Devi.

Vyakarana ke Buddha an bagi Mahasridevi


《大吉祥天女十二契一百八名無垢大乘經》
Sutra Mahayana 12 Wujud 108 Nama Mahasridevi

『一切如來授記大吉祥天女。汝當於吉祥寶莊嚴世界成等正覺。號吉祥摩尼寶生如來應供正遍知。其世界種種天寶 以為莊嚴。於彼世界。唯此如來作光明。彼菩薩眾於彼佛世界中。自然光明壽命無量。從空演出佛法僧音聲。所有 菩薩於彼佛世界生者。一切皆蓮華臺化生。』

Para Tathagata memberikan vyakarana kepada Mahasridevi : Kau akan mencapai Anuttarasamyaksamboddhi di Dunia Keagungan Ratna Manggala, dengan nama Tathagata Srimaniratnasambhava. Dunia itu akan diperagung dengan berbagai mestika surgawi, di dunia ini Tathagata ini bercahaya, para Bodhisattva memancarkan cahaya alamiah, usianya tanpa batas, dari angkasa terlantunkan suara Buddha, Dharma dan Sangha. Para Bodhisattva yang terlahir di dunia itu adalah terlahir dari Padma.

Sutra Sutra yang Memuat Mahasridevi

Sutra 12 Nama Mahasridevi
《Foshuo Dajixiangtiannv shier minghao jing 佛說大吉祥天女十二名號經》

Sutra Mahayana 12 Wujud dan 108 Nama Mahasridevi
《大吉祥天女十二契一百八名無垢大乘經》

Suvarnaprabhasa Sutra
《金光明最勝王經大吉祥天女品第十六》

Sutra Dharani Mahasri
《佛說大吉祥陀羅尼經》

No comments:

Post a Comment