嗡。古魯。蓮生。悉地。吽 - Om Guru Lian Sheng Siddhi Hum

嗡。古魯。蓮生。悉地。吽 - Om Guru Lian Sheng Siddhi Hum

Saturday, November 22, 2014

Panca Dhyani Buddha

Panca Dhyani Buddha terdiri dari: Vairocana, Aksobhya, Ratnasambhava (masa lalu), Amitabha (masa kini), dan Amoghasidhi (masa yang akan datang). Dhyani Buddha biasanya juga disebut Buddha Kosmik atau Buddha Alam Semesta.
Kelima Dhyani Buddha (Panca Dhyani Buddha) memiliki mudranya masing-masing. Mudra yang menjadi ciri dari sikap tubuh masing-masing Dhyani Buddha itu adalah suatu gerakan tangan yang mempunyai arti dan lambang. Masing-masing kelima Dhyani Buddha itu juga menempati posisi tertentu di alam semesta sesuai mudranya, yang memiliki arti penting dalam kaitannya dengan mandala, yaitu suatu lingkungan magis yang mencerminkan alam semesta.

  • Vairocana Dhyani Buddha kedudukannya berada di tengah atau di pusat. Dengan sikap Witarka-Mudra, yaitu telapak tangan kiri terbuka di atas pangkuan, telapak tangan kanan di atas lutut kanan, tiga jari: tengah, manis, dan kelingking ke atas, ibu jari dan telunjuk membentuk lingkaran, artinya telah menguasai tiga loka (Triloka). Vairocana berarti sumber cahaya. Memiliki warna putih, dengan unsur panca bhuttha tanah, unsur panca skandha rupa, dan unsur panca indera penciuman.

  • Aksobhya Dhyani Buddha berkedudukan di sebelah timur. Dengan sikap Bhumisparsa-Mudra, yaitu telapak tangan kiri ke atas dan di atas pangkuan, telapak tangan kanan menelungkup di atas lutut kanan, menunjukkan bumi sebagai saksi. Aksobhya berarti sumber ketenangan. Memiliki warna biru, dengan unsur panca bhuttha hawa atau udara, unsur panca skandha vinnana atau kesadaran, dan unsur panca indera suara.
  • Ratnasambhava Dhyani Buddha kedudukannya di selatan. Dengan sikap Wara-Mudra, yaitu telapak tangan kiri terbuka ke atas pangkuan, telapak tangan kanan terbuka di atas lutut kanan, memberikan anugerah dan berkah. Ratnasambhava berarti permata alam semesta. Memiliki warna kuning emas, dengan unsur panca bhuttha air, unsur panca skandha vedana atau perasaan, dan unsur panca indera pengecapan.
  • Amitabha Dhyani Buddha berkedudukan di barat. Dengan Dhyana-Mudra, yaitu telapak tangan kanan di atas telapak tangan kiri di pangkuan, sedang bermeditasi. Amitabha berarti cahaya tanpa batas. Memiliki warna merah, dengan unsur panca bhuttha api, unsur panca skandha sanna atau pencerapan, dan unsur panca indera bentuk.
  • Amoghasidhi Dhyani Buddha berkedudukan di utara. Dengan sikap Abhya-Mudra, yaitu telapak tangan kiri terbuka di atas pangkuan telapak tangan kanan di atas lutut kanan dengan jari-jari terbuka ke atas, ibu jari ke dalam, artinya jangan takut. Amoghasidhi berarti Mahajadi yang tiada mengenal kegelapan. Memiliki warna hijau, dengan unsur panca bhuttha angin, unsur panca skandha sankhara, dan unsur panca indera peraba.
∞∞∞

No comments:

Post a Comment