嗡。古魯。蓮生。悉地。吽 - Om Guru Lian Sheng Siddhi Hum

嗡。古魯。蓮生。悉地。吽 - Om Guru Lian Sheng Siddhi Hum

Wednesday, September 24, 2014

Sejarah Berdirinya Vihara Vajra Dharmaratna Ternate

Sejarah Berdirinya Vihara Vajra Dharmaratna Ternate


Berawal dari seorang umat ternate yang bernama 林國光 yang menerima Abhiseka Sarana di Vihara Vajra Viriya Dharma Manado pada tahun 2011. Berawal hanya ingin mendirikan altar pribadi di rumah umat ini sendiri. Pada saat itu juga bertambah ada 1 orang lagi yakni Sdr. Hogi Lawrens Mahadin yang tertarik akan pada Dharma Mahaguru sehingga mulai rutin mengikuti sadhana di rumah pribadi umat 林國光. Pada saat itu hanya terdapat foto Mahaguru beserta rupang/arca Avalokitesvara, Mazu dan Dudigong. Dan genap pada tanggal 6 oktober 2011 (imlek tanggal 10 bulan 9 tahun 2562) Arca Mahaguru beserta Arca 8 Maha Yidam mulai hadir di altar dan mulai di Kai Guang oleh Zj. Fandy Kalensang (Vihara Vajra Viriya Dharma Manado). Akhirnya perlahan-lahan altar mulai di penuhi oleh Arca para Buddha, Boddhisattva dan Dharmapala. 

Setelah itu pada tanggal 02 February 2012, Vajra Acarya Shi Lian Hong hadir di kota Ternate untuk mengadakan Upacara Dharma Avalokitesvara yang di adakan pada tanggal 03 February 2012. Upacara tersebut juga mendapatkan dukungan besar dari umat Vihara Vajra Viriya Dharma Manado. Pada saat itu pula Vajra Acarya Shi Lian Hong melakukan pemberkatan Altar dan memberikan nama sementara yakni Vihara Vajra Dharmaratna. Dan pada tanggal 03 February 2012 juga kami telah menerima tambahan umat yang menerima Abhiseka Sarana diantaranya : Sdr Hogi Lawrens Mahadin, Sdr Elfan Yanuar, Sdri Ervita, Sdri Kurnia Dewi, Sdr Yap Pao Min, Sdr Djap Sui Tet.

Dan berkat Adhistana Mahaguru Lian Shen beserta seluruh Buddha, Bodhisattva dan Dharmapala kami umat Ternate yang terhitung umat yang kecil mendapat dukungan besar dari umat Vihara Vajra Viriya Dharma Manado dalam segala hal. Oleh sebab itu maka diambilah keputusan bahwa Vihara Vajra Dharmaratna Ternate adalah bagian dari Vihara Vajra Viriya Dharma Manado dan berdiri di lingkup 1 yayasan yakni Yayasan Semeru Dharma.

Sejalan dengan waktu umat mulai bertambah dan tempat ibadah di rumah umat 林國光 yang berukurran 2.5 x 3.5 mtr semakin sesak. Berkat Adhistana Mahaguru Lian Shen beserta Para Buddha Bodhisattva dan Dharmapala maka pada tanggal 14 Agustus 2013 kami berkenan membeli sebidang tanah seluas 3000 m2  terletak di kampung Air Tege2 di atas kaki Gunung Gamalama dengan ketinggian sekitar 500 m dari atas air laut. 

Berhubungan dengan akses jalan yang rusak, sambil menunggu perbaikan akses jalan ke tanah milik Vihara oleh pemerintah daerah (biasa di daerah terpencil kurang mendapat perhatian sehingga memakan waktu) maka para pengurus mengambil keputusan untuk mencari tempat baru sementara. Berkat ketulusan hati yang besar seseorang yang bebaik hati bekenan meminjamkan lahan tanah kosongnya untuk kami membangun Vihara sementara sehingga kami dapat beribadah di tempat yang lebih layak lagi. Semoga Para Buddha-Bodhisattva selalu memberkati keluarga Bpk. Oniyanto Hamdjaja dengan berkah rejeki berlimpah dan kesehatan selalu atas pahala besarnya.


1 comment: